Jumat, 08 September 2017

Batik Sidomukti

Kota Magetan adalah salah satu tempat yang terkenal dengan sentra kerajinan kain batik yang tak kalah menariknya dengan daerah lainnya. Magetan mempunyai potensi pembuatan kain batik sebagai ciri khas Kabupaten Magetan yang dibuat oleh masyarakat asli Magetan. Orang menyebutnya Batik Sidomukti atau Batik Pring. Karena memang motif batik yang satu ini adalah bambu yang dalam bahasa Jawa biasa disebut pring.
Pembuatan batik ini dilakukan di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Desa Sidomukti. Sebenarnya para pengrajin batik di desa ini tidak hanya membuat motif jenis Pring Sedapur saja. Masih banyak motif batik yang bisa mereka buat, seperti Cucak Rowo, Pring Temu Rose, Parang Rusak, dan sebagainya. Namun yang paling menonjol yaitu motif “Pring Sedapur”. Motif batik dibuat karena terinspirasi dari banyaknya tanaman bambu yang mengelilingi Dusun Papringan di Desa Sidomukti.

Jika anda ingin membeli kerajinan batik gampang, hanya dengan berkunjung ke ini anda bisa ke Papringan Plaosan, Sidomukti, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dengan harga yang sesuai anda bisa memilih berbagai motif dan warna yang disajikan.Dengan membeli produk batik dapat mengangkat batik Magetan menjadi terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar