Jumat, 08 September 2017

Nasi Pecel

Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.
Di Jawa Timur, pecel biasa dihidangkan dengan daun pisang dibentuk kerucut yang disebut pincuk. Pecel pincuk Magetan, Jawa Timur, adalah salah satu varian pecel yang paling terkenal. Biasanya di taburi petai cina (lamtoro), serundeng kelapa dan di pamungkasi rempeyek sejenis kerupuk tipis dari tepung dengan taburan kacang atau teri dan daun jeruk cincang menjadi teman sejati, menjadikan sajian ini makin gurih dan nikmat. Aneka lauk yang biasa ditawarkan sebagai pelengkap adalah tempe dan tahu goreng, telur, perkedel jagung. Harga sepiring nasi pecel biasanya sesuai dengan jenis dan banyaknya lauk yang disantap.

Salah satunya adalah warung Bu Parti di Jalan Thamrin, Magetan.
Di warung yang sekarang di kelola generasi kedua dari Bu Parti ini bukan hanya menyediakan kuliner nasi Pecel saja.
 
Di warung yang sekarang di kelola generasi kedua dari Bu Parti ini bukan hanya menyediakan kuliner nasi Pecel saja.
Menu lain pun bisa Anda nikmati seperti nasi campur, sayur lodeh, nasi kare ayam, nasi lalapan, sayur asem, sayur bening, wader goreng, aneka masakan ayam dan menu lainnya.
Selain beragam makanan, di warung ini juga menyediakan aneka minuman tradisional seperti kolak pisang, dawet, dan yang lain.
Tidak sulit untuk mencari warung Bu Parti ini karena lokasinya yang berada di pusat Kota Magetan.
Hanya saja lokasi warungnya memang agak masuk ke dalam gang. Namun masih cukup dilewati dua kendaraan roda empat.
Jika belum pernah ke Magetan cukup ke alun alun Magetan atau cari Lembaga Pemasyarakatan Magetan dan tanya warga sekitar pasti tahu, karena lokasi warung tak jauh dari alun alun Magetan.
Jangan kuatir dengan harga yang di banderol di warung ini.
Harga masih sangat terjangkau, misalnya saja untuk nasi campur porsi jumbo dengan lauk wader goreng dan es dawet cukup membayar Rp 13.000 saja.
Menurut Suwari, yang sekarang bertanggungjawab dengan warung Bu Parti untuk harga makan dan minum di banderol antara Rp 10.000 hingga Rp. 13.000.Yuk kesana mencoba sekaligus meikmati hidangan Nasi Pecel Bu Parti di Magetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar