Minggu, 10 September 2017

Kerajinan Genteng






Gulun adalah sebuah nama Desa di wilayah Kec.Maospati, Kab.Magetan, Provinsi Jawa Timur.
Secara administratif Desa Gulun berbatasan dengan Desa Tanjung Sepreh di sebelah barat, Desa Mantren di sebelah Utara, Desa Malang di sebelah Timur dan Desa Sugihwaras di sebelah selatan.

Mengenai industry kerajinan genteng ini, Desa Gulun bisa di bilang sebagai leader untuk sektor industry ini. Karena sejak tahu 1920-an, industry ini mulai dikenal dimasyarakat desa ini. Tetapi mulai dikerjakan secara profesional sebagai bentuk usaha baku sekitar tahun 1970-an.
Di era 1990-an, industry genteng di dessa Gulun ini mulai menjadi primadona sebagai sektor usaha yang menjanjikan, bahkan di era itu banya desa-desa di sekitar yang ikut menggeluti bidang usaha ini. Tidak hanya itu, tingkat pengangguran nyaris tidak ada karena adanya industry genteng ini

Jika anda ingin mengunjungi sentra kerajinan genteng ini sangat banyak di kecamatan Maospati. Memang pada umumnya kerajinan genteng ini tersebar pula di daerah Kecamatan Sukomoro, Kecamatan Jati, juga Kecamatan Bendo. Tetapi yang paling banyak dan mudah ditemui adalah di daerah Kecamatan Bendo. Produksi lebih sering dilakukan pada musim kemarau, karena proses pengeringan masih menggunakan bantuan sinar matahari. Jika anda ingin mencoba membuat genting, silahkan berkunjung ke Magetan pada musim-musim kemarau. Maka dengan mudah anda akan menemukan pengrajin genteng. Selamat berkunjung ke Magetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar