Minggu, 10 September 2017

Bersih Desa


 Tradisi Bersih Desa ini dilaksanakan satu kali dalam setahun, yaitu pada waktu penduduk tani selesai melaksanakan panen padi raya secara serentak. Bersih Desa atau Mejemukan oleh paa penduduk tani dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dewi Sri (Dewi Padi) sebagai penjaga keamanan para tani, sehingga mereka berhasil panen padi yang telah ditanamnya, disamping itu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mengabulkan panan hasil tanaman padi tersebut.

Bersih Desa merupakan salah satu tradisi Masyarakat Jawa pada umumnya. Tak terkecuali yang dilakukan sebagian besar Masyarakat Magetan. Pada umumnya sama dengan daerah lain, dengan membawa berbagai tumpeng atau sesaji menuju Punden yang berada di setiap desa. 
Dengan adat yang tradisi berbeda di setiap desanya, Bersih Desa adalah acara yang ditungu-tungu dan banyak menarik perhatian. 

Jika anda berminat anda bisa menunjunginya di desa-desa yang telah selesai panen padi sekitar Magetan. Tidak perlu khawatir, acara ini dibuka secara umum untuk siapapun dan tidak dipungut biaya alias gratis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar