Minggu, 10 September 2017

Ledhug Suro

 Ledhug Suro adalah salah satu bagian dari tradisi Masyarakat Magetan. Biasanya diadakan seminggu sebelum bulan Suro atau seminggu sebelum tahun baru islam. Ledhug Suro merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Magetan dalam rangka peringatan 1 Muharam dan tahun baru Saka yang dilaksanakan setiap bulan Suro yang diadakan di Kabupaten Magetan. ledhug Suro biasanya dimeriahkan dengan Karnaval-Karnaval seperti dokar atau andong yang dihias,roti bolu yang dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti dibentuk menjadi alat musik tradisional misalnya gong bedhug atau ledhug dan lain sebagainya.





Para peserta carnaval ini biasanya berjalan mengelilingi kota Magetan dan berakhir di alun-alun magetan. di alun-alun Magetan biasanya sudah banyak warga yang menunggu kedatang peserta carnaval yang membawa roti bolu ini,dalam sekejab roti bolu pun bisa habis tak bersisa karena diserbu warga yang daritadi sudah menunggu. roti bolu ini dipercaya bisa menambah rezeki dan lain sebagainya tapi ini bagi yang percaya aja ya kalo yang ga percaya sama begituan ya rotinya dimakan saja untuk pengganjal perut.


Jika anda sedang berada di sekitar daerah Magetan, tidak ada salahnya melihat tradisi ini untuk melestarikan sekaligus memeriahkan acara tersebut.
Tradisi Ledhug Suro sendiri biasanya dipertontonkan di sekitar Alun-Alun Kota Magetan yang berada di pusat kota dekat dengan Gor Ki Mageti. 
Tradisi Ledhug Suro ini bisa kita lihatdengan tidak dipungut biaya apapun. Jadi tidak perlu khawatir lagi hanya tinggal ke Alun - Alun Magetan anda akan bisa menyaksikan acara yang disuguhkan. Mari memeriahkan acara tersebut pada saat seminggu sebelum memasuki bulan Suro.
 Semoga Menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar