Minggu, 03 September 2017

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan memiliki nama lain Telaga Pasir, seperti tertulis di dinding batu sebelah timur Telaga. Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kurang lebih 16km arah barat dari kota Magetan. Telaga ini memiliki luas kurang lebih 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28meter.
 Suhu normal udara di Telaga Sarangan antara 18 sampai 25 derajat Celsius.
       Telaga Sarangan seperti kita ketahui, adalah obyek wisata andalan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Magetan.
Berpetualang di sekitar Telaga Sarangan sangat menyenangkan. Selain kita dapat melihat keindahan telaga serta pemandangannya kita juga dapat mengenali keanekaragaman hayati dan hewani disana. Telaga yang teduh, semilir angan, sejuknya udara menambah kenikmatan tersendiri bagi pengunjungnya. Yang tidak kalah menarik lainnya yaitu berpetualang dengan berkuda di area pinggiran telaga, anda bisa menyewa kuda atau delman yang disediakan oleh penduduk sekitar. Disela-sela berpetualang anda akan menjumpai tempat-tempat menarik yang cocok buan anda yang gemar foto-foto/selfi ria dengan backroud pemandangan alam yang eksotis.
        Untuk fasilitas gak perlu dikhawatirkan di telaga ini fasilitas terbilang lengkap yaitu terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. tempat beribadah, kamar mandi,wc, telepon umum, dan dan aneka makanan, minuman bisa anda temukan dengan mudah di wisata telaga sarangan yang tentunya dengan harga bersahabat.
       Lalu oleh-olehnya bagaimana? Tenang, untuk oleh-oleh sudah banyak terjajakan di sekitar telaga. Seperti anyaman bambu, ini akan sangat jarang anda jumpai ditempat lain. Kerajinan kulit, mulai dari sendal sepatu kulit, jaket, tas, sampai gantungan kunci dan gelang. Produk makanan khas Magetan, seperti emping melinjo, lempeng (kerupuk dari nasi), dan jerangking (krupuk bakar dari ketan). Juga tentunya ada banyak buah-buahan asli pegunungan, seperti strowberry yang merupakan andalan penduduk sekitar Sarangan.
     Jika anda ingin berkunjung ke telaga Sarangan, untuk menikmati event tertentu, anda perlu mencatat beberapa waktu ini. Pada kalender jawa, hari Jumat Pon, bulan Ruwah, akan ada labuh sesaji, sebagai wujud syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Tuhan. Pada 1 Muharram (kalender Hijriyah), akan ada acara Ledug Sura, yaitu peringatan pergantian tahun Hijriyah (tahun Islam). Juga ada pesta kembang api di malam pergantian tahun baru masehi. Jadi jika anda suka keramaian dan acara-acara massal, anda perlu datang di waktu-waktu tersebut.
      Jadi, silakan berkunjung dan menikmati Wisata Alam Telaga Sarangan Magetan, dijamin akan menjadi kenangan indah bagi anda beserta keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar